Page Nav

HIDE

Ads Place

Status Sekretaris Kabinet Mayor Teddy dan Persyaratan Militer

Terkini.co.id - Perbincangan hangat mengenai status Mayor Teddy sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) tanpa mundur dari militer telah mendap...


Terkini.co.id
- Perbincangan hangat mengenai status Mayor Teddy sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) tanpa mundur dari militer telah mendapatkan penjelasan lebih lanjut. Hasan Nasbi, Kepala Presidential Communication Office, telah memberikan klarifikasi terkait posisi ini dalam struktur pemerintahan saat ini.

Hasan Nasbi mengungkapkan bahwa di era pemerintahan Prabowo-Gibran, Sekretaris Kabinet tidak lagi menjadi posisi yang setara dengan menteri. "Seskab kini diatur dalam Peraturan Presiden terbaru sebagai Aparatur Sipil Negara eselon II yang berada di bawah Menteri Sekretaris Negara," jelas Hasan di Kompleks Istana Kepresidenan.

Posisi eselon II ini, menurut Hasan, serupa dengan posisi Sekretaris Militer Presiden yang juga dapat dijabat oleh militer aktif. Ini menjelaskan mengapa Mayor Teddy tidak diwajibkan untuk mundur dari TNI untuk menduduki posisi tersebut.

TNI Angkatan Darat juga telah memberikan penjelasan mengenai posisi Mayor Teddy. "Karena jabatan Seskab bukan setingkat menteri dan merupakan bagian dari struktur Kemensesneg, maka dapat dijabat oleh perwira TNI aktif tanpa perlu pensiun," ujar Kadispenad Brigjen Wahyu Yudhayana.

Penjelasan ini menegaskan bahwa perubahan struktur dalam pemerintahan telah menyebabkan perubahan pada berbagai jabatan dan kriteria pengangkatannya. Perpres terkini memungkinkan posisi Seskab untuk dijabat oleh ASN dengan pangkat maksimal eselon II atau Brigadir Jenderal, memberikan klaritas terhadap status Mayor Teddy dalam pemerintahan tanpa harus meninggalkan tugas militernya.

Pengaturan ini tidak hanya membuka wawasan baru mengenai interaksi antara militer dan posisi sipil dalam struktur pemerintahan, tapi juga menunjukkan adaptasi pemerintah dalam mengintegrasikan peran militer dalam kapasitas sipil tanpa mengorbankan struktur dan disiplin militer yang ada.



Latest Articles