Page Nav

HIDE

Ads Place

Hanum Rais Tinggalkan PAN, Alasan Utama Adalah Ketidaknyamanan

Hanum Rais Tinggalkan PAN, Alasan Utama Adalah Ketidaknyamanan Terkini.co.id - Putri politikus senior Amien Rais, Hanum Salsabila Rais, me...


Hanum Rais Tinggalkan PAN, Alasan Utama Adalah Ketidaknyamanan


Terkini.co.id
- Putri politikus senior Amien Rais, Hanum Salsabila Rais, mengungkapkan alasan utama mengapa ia memutuskan untuk meninggalkan Partai Amanat Nasional (PAN) dan bergabung dengan Partai Ummat. Hanum Rais, yang terpilih sebagai anggota DPRD DIY periode 2018-2023, mengajukan surat pengunduran diri dari PAN pada bulan Ramadan 2023.

Melalui surat terbuka yang dikirim kepada awak media pada Senin, 1 Mei 2023, Hanum menjelaskan alasan utama mengapa ia akhirnya memutuskan untuk meninggalkan PAN, partai yang merupakan bagian dari koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo. "Ketidaknyamanan muncul ketika aspirasi konstituen yang saya wakili (sebagian besar warga persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiyah) seringkali tidak selaras dengan kebijakan politik PAN," ungkap Hanum.

Hanum memberikan beberapa contoh kebijakan politik yang dimaksud, seperti wacana presiden tiga periode, undang-undang Cipta Kerja Omnibus Law, undang-undang KPK, dan kebijakan impor. "Hal-hal tersebut, hingga yang terbaru (PAN) yang mendukung calon pimpinan nasional dengan ideologi dan fatsoen politik yang berbeda, membuat saya merasa tidak nyaman," jelasnya. "Akhirnya, kekuasaan dan pengaruh yang saya miliki sebagai wakil rakyat tidak menenangkan hati, sehingga saya memutuskan untuk mundur dan mencari alat perjuangan politik lain yang lebih murni dan mandiri, tidak terkooptasi," tambah Hanum.

Menurut Hanum Rais, partai politik seharusnya menjadi alat perjuangan, bukan hanya untuk mencapai kekuasaan, tetapi juga kemaslahatan. "Kekuasaan seharusnya bukan hanya tentang memenangkan, melainkan juga menenangkan hati," katanya. "Ketika bersama PAN, di satu sisi saya harus tegak lurus dengan kebijakan partai, namun di sisi lain hati saya merasa tidak nyaman."






Latest Articles