Page Nav

HIDE

Ads Place

Universitas dengan Jurusan Jurnalistik Terbaik di Indonesia

Sumber gambar: freepik.com Jurusan jurnalistik merupak satu illmu terapan yang menjadi bagian dari ilmu komunikasi. Di jurusan jurnalistik m...

Sumber gambar: freepik.com

Jurusan jurnalistik merupak satu illmu terapan yang menjadi bagian dari ilmu komunikasi. Di jurusan jurnalistik mahasiswa nantinya akan mempelajari bagaimana cara mencari informasi, mengumpulkan, menulis, menyunting dan akhirnya menyebarkan informasi. Tidak hanya sebatas mencari dan menyebarkan infromasi, namuan mahasiswa di bidang jurnalistik juga akan mempeljari skill yang juga dibutuhkan sebagai jurnalis. Seperti fotografi, videografi, wawancara nara sumber, menyusun naskah, editing, dan masih banyak lagi.

Jurnalistik juga merupakan salah satu bidang kelimuan yang digemari banyak mahasiswa baru, karena prospek kerjanya yang beragam, seperti reporter, content writer, penulis naskah, penyiar dan masoh banyak lagi. Berikut ini ada 5 rekomendasi kampus dengan jurusan atau bidang jurnalistik terbaik di Indonesia.

1. UNDIP (Universitas Diponegoro)

Universitas Diponegoro memiliki Jurusan Jurnalistik yang berada dinaungan Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Prodi tersebut juga telah memiliki Akreditasi A dari BAN-PT dan menjadi salah satu kampus dengan Jurusan Jurnalistik terbaik di Indonesia.

2. UI (Universitas Indonesia)

Sama seperti Undip, Jurusan Jurnalistik Universitas Indonesia juga telah mendapat Akreditasi A dari BAN-PT, dan menjadi bagian dari program studi Ilmu Komunikasi. Untuk masuk jurusan ini, kamu bisa mengambil jalur seleksi pendaftaran seperti SNMPTN, SBMPTN, PPKB UI - Paralel, Talent Scouting, dan SIMAK UI.

3. UNPAD (Universitas Padjajaran)

Jurusan Jurnalistik Unpad ini juga masuk dalam lingkup Fakultas Ilmu Komunikasi dan telah mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT. Pada jurusan ini akan mendapatkan berbagai mata kuliah, seperti Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial, Komunikasi Lintas Budaya, Metode Penelitian Komunikasi, Kapita Selekta Jurnalistik, Teknik Reportase, Jurnalisme Televisi, In Depth Reporting, maupun Penulisan Berita Elektronik.

4. Unair (Universitas Airlangga)

Kampus Surabaya juga memiliki fakultas jurnalistik di bawah Program Studi Ilmu Komunikasi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, atau lebih khusus sebagai bagian dari program Kajian Media.

5. Universitas Esa Unggul

Fakultas Jurnalistik Universitas Esa Unggul telah melatih mahasiswa dengan kemampuan jurnalistik yang mumpuni. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan untuk mengumpulkan informasi, menemukan fakta, dan melaporkan fakta melalui pengumpulan, penulisan, interpretasi, dan metode lainnya hingga dipublikasikan di media.media. Fakultas Jurnalistik juga merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Esa Unggul.

Itulah tadi beberapa rekomendasi kampus dengan Jurusan Jurnalistik terbaik yang ada di Indonesia, jika kamu memiliki kampus rekomendasi lainnya boleh ya saling berbagai di kolom komentar, semoga yang bercita-cita untuk berkuliah di Jurusan Jurnalistik dapat tercapai.

Referensi:

Fatmawati. 2022. 5 Kampus dengan Jurusan Jurnalistik Terbaik di Indonesia, Tertarik Mencobanya?. (Daring) melalui tautan https://edukasi.okezone.com/read/2022/11/22/65/2712294/5-kampus-dengan-jurusan-jurnalistik-terbaik-di-indonesia-tertarik-mencobanya

Latest Articles