Page Nav

HIDE

Ads Place

Untungnya Ambil Program Kuliah Kelas Karyawan Itu…

Sumber Gambar: Pexels.com Sudah tahu kan, kalau kuliah bisa dilakukan sembari bekerja? Sekarang sudah banyak universitas yang menyediakan pr...

Sumber Gambar: Pexels.com

Sudah tahu kan, kalau kuliah bisa dilakukan sembari bekerja? Sekarang sudah banyak universitas yang menyediakan program kelas khusus agar mereka yang bekerja juga mendapatkan kesempatan untuk berkuliah.

Program kelas tersebut adalah kuliah kelas karyawan, kuliah kelas karyawan menetapkan sistem dimana perkuliahan dilakukan sore ke malam hari. Hal itu dilakukan agar mereka yang bekerja bisa berkuliah juga. 

Program kuliah kelas karyawan ini cocok untuk mahasiswa yang memang mempunyai kegiatan padat seperti bekerja di siang hari. Sebenarnya, kuliah kelas karyawan dan kuliah kelas reguler tidak memiliki perbedaan yang banyak, hanya saja waktu perkuliahannya yang berbeda.

Materi dan topik pembelajarannya pun sama sesuai dengan studi yang dipilih. Banyak para pekerja atau karyawan yang masih berpikir panjang untuk memulai berkuliah, sebenarnya ada loh beberapa keuntungan dari kuliah kelas karyawan diantaranya.

1. Waktu kuliahnya fleksibel

Ini salah satu keuntungan yang mungkin bisa dirasakan oleh mereka yang mengambil program kuliah kelas karyawan, dimana pada pagi hingga siang hari mereka bisa bekerja dan pada sore ke malam harinya berkuliah. Dengan begitu selain fleksibel 24 jam mereka bisa lebih produktif.

2. Networking semakin berkembang

Biasanya program kuliah kelas karyawan banyak diikuti oleh karyawan-karyawan yang memang memiliki pekerjaan tetap. Sehingga, sangat dimungkinkan perluasan “circle” atau pertemanan semakin beragam dan bisa membawa manfaat kedepannya.

3. Adanya perkuliahan online

Biasanya jika tidak adanya pandemic covid-19 para mahasiswa kelas karyawan ini melakukan perkuliahan lewat daring sehingga waktunya akan lebih fleksibel dan juga bisa dilakukan di mana saja.

4. Adanya konversi SKS

Jika memilih universitas-universitas tertentu maka ada beberapa dari universitas yang menerapkan konversi SKS ini. Contohnya Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka di prodi Ilmu Komunikasinya, mereka menyediakan program kuliah kelas karyawan dengan menerapkan sistem konversi SKS. Konversi SKS ini dilakukan dengan cara menggantikan mata kuliah yang relevan dengan posisi dan pengalaman kerja mahasiswanya. Cek website berikut untuk info lebih lanjutnya https://pmb.uhamka.ac.id/

Sehingga mahasiswa tidak perlu mengikuti mata kuliah yang relevan dengan pengalaman ataupun posisi pekerjaannya tersebut. Dalam kata lain mahasiswa kelas karyawan tersebut bisa bebas dari segala kegiatan pembelajaran pada mata kuliah tersebut. Tentu hal ini sangat menguntungkan mahasiswa sehingga fokus kerja dan kuliah mereka bisa seimbang.

Berikut tadi adalah beberapa keuntungan dari mahasiswa yang mengambil program kuliah kelas karyawan, jadi tidak ada rugi kalau mengambil program kuliah kelas karyawan bahkan ada beberapa keuntungan juga yang bisa diambil jika mengambil program kuliah kelas karyawan.

Referensi: https://kuliahkaryawan.net/single_blog/685/kelebihan-dan-kekurangan-kelas-karyawan 



Latest Articles