Page Nav

HIDE

Ads Place

Social Media Specialist Kerjanya Kayak Apa?

Social media specialist adalah seseorang yang mempunyai tanggung jawab untuk membuat dan membagikan konten digital di berbagai sosial media,...


Social media specialist adalah seseorang yang mempunyai tanggung jawab untuk membuat dan membagikan konten digital di berbagai sosial media, seperti Facebook,Twitter, Instagram, TikTok, atau Linkedin. Konten yang dibuat oleh social media specialist itu nantinya bisa menjadi sebuah
boost untuk meningkatkan penjualan, membangun kesadaran brand/merek, menjaga loyalitas konsumen, dan masih banyak lagi.

Biasanya social media specialist akan bekerja bersama dengan tim designer atau creative untuk membuat konten digital dalam bentuk gambar, infografis, video ataupun foto yang dapat menarik perhatian konsumen. Selain itu, mereka juga akan menganalisis traffic untuk mengevaluasi strategi yang sudah ada dan mempersiapkan strategi baru.

Dilansir dari blog.skillacademy.com bahwa seorang mempunyai tugas dan tanggung jawab yaitu: 

1. Menyusun dan membuat content plan untuk media sosial yang sesuai dengan identitas brand atau perusahaan.

2. Mengembangkan strategi media sosial dengan melakukan riset media sosial, cara penyampaian pesan, dan memahami audiens.

3. Membuat konten digital yang menarik untuk semua media sosial, termasuk menulis, mengedit postingan di media sosial, meningkatkan keterlibatan audiens, dan mempromosikan campaign yang sedang dijalankan di media sosial.

4. Berkomunikasi dengan audiens di media sosial, termasuk menanggapi pertanyaan yang masuk baik melalui kolom komentar atau pesan.

5. Berkolaborasi dengan tim pemasaran dan grafik desainer untuk mengembangkan konten

6. Menggunakan tools seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, dan Facebook Insights untuk memantau dan mengevaluasi kinerja media sosial

7. Membuat laporan terkait traffic setiap sosial media dan memberikan rekomendasi strategi baru untuk hasil yang lebih maksimal

8. Up to date dengan perkembangan trend dan fitur media sosial.

Dilihat dari tugas dan tanggung jawabnya seorang social media specialist, dalam mengurus atau mengelola social media pastilah harus ada skill yang mesti dimiliki. Maka dari itu skill yang harus dimiliki seorang social media specialist adalah:

1. Komunikasi

Ini adalah skill utama seorang social media specialist karena, dalam melakukan pekerjaannya seorang social media specialist harus berkomunikasi dengan tim kreatif ataupun graphic design dalam pembuatan kontennya. Maka dari itu komunikasi yang baik diperlukan agar terciptanya kerjasama yang baik pula bagi antar tim.

2. Menulis

Social media specialist membutuhkan skill menulis juga, apalagi skill copywriting. Karena, konten yang dibagikan di media sosial umumnya tidak panjang dan detail seperti artikel blog. Biasanya kamu menulis copy untuk aset gambar atau infografis dan juga caption. Selain menarik, copywriting yang kamu buat juga harus mudah dipahami audiens.

3.Memiliki estetika visual 

aspek visual merupakan salah satu hal yang penting. Meskipun bukan kamu yang membuat desain, tapi kamu dapat memberikan brief kepada tim creative agar membuat konten yang sesuai identitas brand dan memiliki nilai estetika. Oleh karena itu, kemampuan membuat konsep dan konten yang menarik harus dimiliki seorang social media specialist. 

Referensi: https://blog.skillacademy.com/mengenal-social-media-specialist

Latest Articles