Page Nav

HIDE

Ads Place

Salah Gak sih Self-Reward Terus?

credit picture: @kopiappi/sumber gambar: pinterest Self reward adalah kegiatan memberi penghargaan bagi diri sendiri, tujuannya agar diri se...

credit picture: @kopiappi/sumber gambar: pinterest


Self reward adalah kegiatan memberi penghargaan bagi diri sendiri, tujuannya agar diri sendiri merasa senang dan termotivasi untuk mencapai suatu target baru. Self reward biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah mencapai target pekerjaannya. Contoh, saat gajian bulanan biasanya banyak orang akan berbelanja untuk memenuhi kepuasaan dirinya setelah satu bulan bekerja. 

Tapi perlu diingat bahwa tidak semua self reward itu adalah materi, seperti mempunyai waktu untuk diri sendiri bisa juga disebut self reward. Lalu apakah menghadiahi diri sendiri itu penting? dan harus seperti apa bentuk self reward itu? 

Pentingnya Self Reward

Tujuan utama dari self reward itu adalah agar kita tahu bagaimana cara untuk menghargai diri sendiri. Dikutip dari skillacademy.com bahwa dengan memberikan self reward, otak manusia akan memunculkan emosi positif. Emosi tersebut akan memberitahu kesadaran bahwa upaya yang telah dilakukan akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Dengan melakukan hal tersebut terus menerus, otakmu akan mulai menghubungkan antara kesenangan dan aktivitas yang kamu selesaikan di masa depan. Sehingga hal ini dapat menumbuhkan kepercayaan diri, dan juga membuatmu terlatih untuk menghargai proses dalam kehidupan. 

Intinya self reward penting dilakukan untuk menanamkan nilai positif bagi diri sendiri dan membangun motivasi diri untuk selalu berjuang. Rasa senang yang tumbuh setelah melakukan banyaknya pekerjaan membuat diri sendiri akan menanamkan bahwa segala sesuatu yang melelahkan terbayarkan dengan hadiah yang indah. Dengan begitu perasaan stress atau depresi yang mengganggu kesehatan mental bisa teratasi. 

Jangan sampai self reward menjadi alasan untuk terus boros dan membeli barang yang takut ketinggalan trend. Ingat, point utama dari self reward adalah untuk mendapatkan ketenangan, kedamaian dan kesenangan diri. 

Bentuk Self Reward 

Apapun bentuk self reward itu baik, asal jangan sampai merugikan diri sendiri apalagi orang lain. Ingat tujuan self reward diawal, jangan sampai niatnya mau self reward malah rugi sendiri.

1. Me Time

Ini adalah salah satu bentuk self reward yang tidak perlu budget sama sekali. Dengan berdiam diri di rumah, menonton series favorit, bermain game, baca buku ataupun tidur bisa menjadi kegiatan self reward yang menyenangkan. Dengan menyisihkan waktu untuk bersantai bisa membawakan kedamaian diri. 

2. Liburan

Menyenangkan diri dengan melihat pemandangan indah gunung, menghirup udara segar dan sunset pantai di pagi hari, mengagumi alam yang begitu indah sepertinya menjadi suatu kegiatan self reward yang asik. Liburan tentu mempunyai tujuan untuk menghilangkan penat diri, sehingga kesehatan mental dan pikiran dapat segar kembali. 

3. Belanja

Berbelanja juga bisa menjadi satu aktivitas yang seru dilakukan untuk self reward. Dengan membeli kebutuhan-kebutuhan yang belum terpenuhi maka perasaan puas dan senang pasti akan muncul. Hanya jangan sampai ketagihan melakukannya sampai uang sendiri habis dan malah rugi. 

Itu dia tadi penjelasan mengapa self reward itu penting dilakukan dan bagaimana kita melakukannya. Tentu cara-cara setiap orang dalam memberi self reward itu berbeda, jadi sesuaikan saja bagaimana dirimu melakukan self reward yang penting secukupnya dan tidak merugikan diri sendiri.


Latest Articles