Page Nav

HIDE

Ads Place

Rekomendasi Kampus Bagus yang Ada di Korea Selatan

Sumber gambar: pexels.com Korea Selatan terkenal dengan banyaknya konten hiburan, mulai dari film, musik, series, talkshow, dan masih banyak...

Sumber gambar: pexels.com

Korea Selatan terkenal dengan banyaknya konten hiburan, mulai dari film, musik, series, talkshow, dan masih banyak lagi. Impian untuk berkuliah di Korea Selatan juga pasti mimpi dari mahasiswa global, tempat yang penuh dengan wisata, kuliner, hingga kualitas pendidikannya yang juga sudah diakui dunia.

Di Negeri Ginseng ini banyak Perguruan Tinggi yang juga menjadi incaran mahasiswa internasional. Selain kualitas pendidikannya yang sudah standar internasional, banyak dari Perguruan Tinggi tersebut juga menyediakan bantuan-bantuan untuk para mahasiswanya, berikut list Perguruan Tinggi yang bisa menjadi pilihan untuk berkuliah di Korea Selatan.

  1. Seoul National University

Penggemar K-Drama pasti tidak asing dengan nama universitas ini, karena seringkali nama universitas ini disebutkan dalam K-Drama. Banyak juga ternyata alumni-alumni terkenal dari universitas ini, contohnya Lee Soo-Man CEO dari SM Entertainment, agensi yang menghasilkan banyak penyanyi Korea Selatan ternama, lalu ada Bang Si-Hyuk, pendiri HYBE Corporation agensi yang berisikan idol-idol besar seperti BTS. 

Universitas ini merupakan universitas nasional pertama di Korea Selatan yang terdiri dari 16 kolose, 1 fakultas pascasarjana, dan 12 fakultas. Jurusan unggulan mereka diantaranya: Onkologi, Farmakologi dan Toksikologi, Fisika, Pertanian, dan Matematika.

  1. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST merupakan institusi yang sudah berdiri sejak tahun 1966, institusi ini merupakan institusi yang langsung dinaungi oleh pemerintahan Korea Selatan. Institusi ini berfokus pada pengembangan dan penelitian, sehingga universitas ini menyediakan program kuliah yang diajarkan dalam bahasa Inggris untuk jurusan Kimia, Biologi, Teknik Biomedis, Neurosains dan Robotik. KAIST menyediakan beasiswa, asuransi kesehatan dan tempat tinggal bagi pelajar internasional. Beasiswanya juga menarik untuk diikuti karena banyaknya keuntungan dari beasiswa tersebut.

  1. Korea University

Universitas ini merupakan universitas tertua di Korea Selatan sudah didirikan sejak tahun 1905, Universitas ini juga menawarkan sejumlah program kuliah dalam bahasa Inggris, misalnya untuk jurusan Sains, Matematika dan Seni. Beasiswa, tempat tinggal, dan layanan konseling juga tersedia bagi pelajar internasional di Korea University. Jurusan yang diunggulkan oleh universitas ini antara lain, Teknologi Polimer, Teknik Kimia, Kedokteran Nuklir, Pertanian, dan Teknologi Pangan

  1. Yonsei University

Yonsei dikenal sebagai bagian dari SKY, yaitu 3 universitas di Korea Selatan yang bergengsi. Dua universitas lain yang masuk dalam grup ini adalah Seoul National University & KAIST. Ketatnya persaingan untuk memasuki ketiga universitas ini bahkan menjadi inspirasi drama SKY Castle yang populer di Korea Selatan. Yonsei University menawarkan program-program dalam bahasa Inggris untuk perkuliahan tingkat S1 (di Underwood International College), S2 (di Graduate School of International Studies) dan MBA.

  1. Pohang University of Science and Technology

Pohang University of Science and Technology (POSTECH) adalah salah satu universitas termuda di daftar ini. Selain memiliki fasilitas penelitian yang canggih dan lengkap, POSTECH juga dikenal sebagai universitas yang banyak memberikan dukungan beasiswa untuk para mahasiswanya. Menurut riset terbaru, sekitar 97% mahasiswa S1 di POSTECH adalah penerima beasiswa.

Sekitar 60% jurusan di POSTECH menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Khusus untuk program pascasarjana, semua program studi akan diajarkan dalam bahasa Inggris. Jurusan unggul yang ada di universitas ini antara lain Rekayasa Material, Nanosains & Nanoteknologi, Fisika Benda Terkondensasi, dan Kimia Fisik.

Itulah tadi beberapa rekomendasi Universitas yang memiliki standar internasional di Korea Selatan. Ingat, dalam memilih universitas haruslah cermat agar universitas dan jurusan yang ingin dituju tidak salah pilih.

Referensi: https://www.hotcourses.co.id/study-in-south-korea/university-applications/10-universitas-terbaik-di-korea-selatan-dan-jurusannya/


Latest Articles