Page Nav

HIDE

Ads Place

Pakai Beasiswa Yuk Biar Gampang Kuliah S2-nya

Sumber gambar: pexels.com Setelah lulus sarjana biasanya banyak mahasiswa yang telah lulus ingin berkuliah lagi, untuk melanjutkan studinya....

Sumber gambar: pexels.com

Setelah lulus sarjana biasanya banyak mahasiswa yang telah lulus ingin berkuliah lagi, untuk melanjutkan studinya. Namun, banyak dari mahasiswa tersebut yang enggan untuk melanjutkan kuliah karena terhalang biaya, tapi ternyata banyak beasiswa yang bisa digunakan bagi yang ingin melanjutkan studi S2 maupun S3, apa sajakah itu? Berikut daftar beasiswa yang bisa digunakan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliahnya. 

1. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP mempunyai tanggung jawab untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi muda dan antargenerasi. Tiap tahunnya LPDP mengadakan dua kali pembukaan pendaftaran beasiswa, selain luar negeri LPDP juga menyediakan beasiswa dalam negeri. Untuk mendapatkan beasiswa ini LPDP memberi syarat umum kepada para pendaftar diantaranya adalah berstatus WNI, sudah lulus program sarjana untuk beasiswa magister dan sudah lulus magister untuk beasiswa doktor, tidak sedang menempuh studi apapun, dan syarat-syarat lainnya yang bisa dilihat pada website lpdp.kemenkeu.go.id.

2. Dexa Award Scholarship

Merupakan beasiswa S2 yang bisa di gunakan di kampus manapun dengan syarat akreditasi kampus tersebut adalah A oleh BAN-PT. Beasiswa Dexa ini termasuk salah satu program yang rutin diadakan dan terbuka untuk jurusan apapun dan prodi apapun. Syarat yang harus dipenuhi dalam mendaftar program ini adalah, para pendaftar harus memiliki proposal riset S2 yang berkaitan dengan kesehatan manusia, selebihnya syarat dari program ini tidak terlalu sulit dan dan sangat mudah. Untuk informasi lengkap mengenai beasiswa Dexa ini dapat di lihat pada laman https://www.dexascholarship.com/.

3. PMDSU (Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul)

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemdikbud Ristek membuat program beasiswa ini sebagai upaya untuk membentuk para sarjana yang mempunyai minat sebagai tenaga pengajar (dosen) di masa depan. Pada program ini para mahasiswa nantinya bisa mendapatkan sekaligus dua gelar Magister (S2) dan Doktor (S3) dalam kurun waktu 4 tahun. Jika memiliki minat untuk menjadi dosen ataupun tenaga pengajar beasiswa ini sangat cocok patut untuk dicoba. Mengenai informasi lainnya mengenai program ini bisa mengunjungi laman https://www.pmdsu.com/

4. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Merupakan program beasiswa yang mengupayakan peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi guru, aktivis sosial, seniman, siswa atau siswa berprestasi dan atlet pemenang Olimpiade Internasional. Program ini adalah naungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta program ini diperuntukan untuk mahasiswa yang melanjutkan studi pada jenjang Magister (S2) ataupun Doktor (S3) bahkan untuk siswa yang ingin Sarjana (S1). Persyaratan umumnya adalah calon mahasiswa/mahasiswa mempunyai sertifikat prestasi akademik atau non akademik tingkat internasional dan nasional.

Berikut tadi adalah beberapa jenis program beasiswa yang bisa diikuti jika memiliki minat dalam melanjutkan studi tanpa perlu keluar biaya yang besar. Serta banyak manfaat yang bisa didapatkan jika mendapatkan beasiswa dalam melanjutka perkuliahan.

Referensi: https://www.universitas123.com/blog/beasiswa-s2-di-indonesia/

Latest Articles