Page Nav

HIDE

Ads Place

Mau Jadi Guru? Berikut Universitas dengan Jurusan Pendidikan Terbaik di Indonesia

Sumber gambar: pexels.com Di Indonesia banyak universitas yang menyediakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), banyak juga program...

Sumber gambar: pexels.com

Di Indonesia banyak universitas yang menyediakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), banyak juga program studi yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta juga banyak yang menyediakan bidang studi tersebut, fasilitas serta sistem pembelajarannya pun juga sudah baik. Berikut ini beberapa daftar Universitas dengan Jurusan Pendidikan terbaik.

1. Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka (UHAMKA)

Kabar baiknya adalah bahwa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) telah diumumkan meraih predikat akreditasi unggul pada bulan Juli 2022, dengan Nomor SK: 290/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022. UHAMKA merupakan salah satu dari sekian banyaknya universitas islam swasta yang berlokasi di Jakarta.

Bukan hanya itu, sebanyak enam program studi yang terkait dengan studi pendidikan di UHAMKA juga sudah mendapatkan Akreditasi Unggul, diantaranya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (Sekolah Pascasarjana), Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Bimbingan Konseling, dan Program Studi Pendidikan Agama Islam di Fakultas Agama Islam.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY terkenal karena merupakan universitas yang cukup terkenal dan menjadi favorit di kalangan calon mahasiswa. Universitas ini juga dikenal sebagai universitas berbasis Keguruan terbaik di Indonesia, dengan 9 Fakultas dan 102 Program Studi UNY juga sudah terakreditasi A.

3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

UPI merupakan kampus berbasis keguruan yang berlokasi di kota Bandung, kampus ini menganut sistem multi kampus yaitu dengan 6 kampusnya tersebar di dua provinsi Jawa Barat dan Banten. UPI juga telah memiliki akreditasi A

4. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Universitas Negeri Semarang atau UNNES terdiri dari 13 fakultas dan 91 program studi. Bahkan, 56 program studi di kampus ini juga sudah terakreditasi A, Kampus utamanya terletak di daerah Sekaran (Gunungpati), wilayah selatan Kota Semarang, sementara kampus lainnya terletak di Ngaliyan, Kelud dan Kemandungan, Tegal, Jawa Tengah.

5. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 

Kampus ini juga sudah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT di tahun 2021, beberapa dari Program Studinya pun juga sudah terakreditas unggul. UNJ juga dikenal dengan kampus yang berbasis keguruannya, sehingga menjadi kampus favorit bagi sebagai calon mahasiswa yang bercita-cita sebagai pendidik.

Itulah tadi beberapa opsi dan rekomendasi Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang menyediakan jurusan Pendidikan bagi kamu yang ingin berprofesi menjadi pengajar atau guru di masa depan. Masyarakat Indonesia menaruh harapan besar pada calon-calon guru masa depan, kelak untuk melahirkan anak bangsa yang cerdas untuk Indonesia maju.

 

Latest Articles