Page Nav

HIDE

Ads Place

Kenapa Matematika Dianggap Susah? Apa Susah Beneran Ya?

Sumber gambar: pexels.com Matematika merupakan subjek pelajaran yang merupakan subjek pelajaran yang tidak banyak orang suka, mengapa demiki...

Sumber gambar: pexels.com



Matematika merupakan subjek pelajaran yang merupakan subjek pelajaran yang tidak banyak orang suka, mengapa demikian? Banyak yang menganggap bahwa subjek pelajaran ini begitu susah hingga bikin pusing kepala. seringkali subjek pelajaran ini juga dihindari oleh banyak siswa Indonesia. Bahkan ada pernyataan yang dikeluarkan oleh Guru Besar Matematika dari Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. ret. nat. Widodo. M.S, profesor tersebut menyebutkan beberapa alasan mengapa akhirnya banyak siswa di Indonesia tidak menyukai matematik.

Pertama, buku matematika terbitan Indonesia yang menyajikan soal dalam bentuk konteks. Akibatnya matematika terasa abstrak dan sulit dipelajari. Kedua, survei menunjukkan bahwa 11.35 persen guru matematika di Indonesia tidak memiliki kemampuan mumpuni. Ketika murid bertanya yang agak kritis, guru tidak bisa menjawab. Ketiga, banyak orangtua yang menanamkan pada buah hatinya sendiri bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit. Akibatnya anak hingga dewasa memiliki pemahaman bahwa matematika adalah momok yang menakutkan. (dikutip dari suara.com tahun 2016)

Alasan lain yang dikutip dari kompas.com mengapa matematika dianggap susah adalah:

  1. Soal yang sulit dimengerti

Soal dengan ilustrasi yang sulit dimengerti menjadikan soal tersebut sulit untuk dipecahkan, sehingga banyak orang beranggapan bahwa soal tersebut sulit. Sehingga alangkah lebih baik kalau soal matematika menggunakan ilustrasi yang sederhana saja.

  1. Harus tekun

Bisa karena terbiasa, mungkin frasa itu cocok dengan dengan matematika, karena semua akan bisa memecahkan soal matematika jika terus berlatih. Matematika merupakan hal yang harus dipahami secara baik dan tentunya hal itu membutuhkan waktu yang lama. Maka berlatih adalah kunci utama untuk memahami segala persoalan matematika.

  1. Butuh menghafal

Bukan hanya berlatih saja, namun dalam rangka memahami matematika dibutuhkan penghafalan yang cukup, terkait rumus, simbol matematika, penamaan satuan operasi, dan lainnya. Jadi kita membutuhkan tenaga dan niat yang lebih ekstra untuk memahami matematika.

  1. Takut salah

Hal ini sepertinya sudah lumrah di kalangan siswa Indonesia, mengapa mereka enggan untuk menjawab soal matematika karena takut salah. Mendapatkan nilai jelek pada matematika merupakan mimpi buruk bagi siswa, takut akan ada yang kecewa dengan nilai tersebut. 

Itulah beberapa alasan mengapa banyak yang beranggapan bahwa matematika itu sulit, sejatinya dalam memahami matematika kita memang harus banyak berlatih secara tekun dan disiplin sehingga akan terbiasa dengan persoalan matematika.

Referensi:

Indriani, Ririn. 2016. Profesor Ini Mengungkap Mengapa Matematika Dianggap Sulit. (Daring) melalui tautan https://www.suara.com/tekno/2016/10/05/110207/profesor-ini-ungkap-mengapa-matematika-dianggap-sulit

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/18/140000369/kenapa-matematika-susah



Latest Articles