Page Nav

HIDE

Ads Place

Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Content Creator

Kalau ditanya content creator itu kerjaannya apa, jawabannya adalah membuat konten. Tidak cuma konten, biasanya content creator akan membuat...


Kalau ditanya content creator itu kerjaannya apa, jawabannya adalah membuat konten. Tidak cuma konten, biasanya content creator akan membuat konten edukatif dan juga menghibur. Di Indonesia sendiri juga banyak komunitas content creator ataupun individu. Kalau dilihat kerjanya mereka menyenangkan dan penuh kegembiraan, tapi dibalik itu semua pekerjaan content creator tidak hanya membuat konten semata perlu persiapan yang matang dan harus dieksekusi dengan baik.

Proses membuat konten itu panjang dan tidak mudah mulai dari mencari ide, mereset, menyusun naskah, membuat kopi, proses shooting, editing, publikasi, bahkan sampai promosi konten tersebut.

Lalu apa saja kemampuan yang harus dimiliki seseorang jika inging menjadi content creator, kemampuan tersebut diantaranya adalah

1. Kemampuan riset

Dalam membuat konten diperlukan riset untuk mengumpulkan segala informasi pendukung untuk memahami kondisi pasar trend dan kebutuhan audiens. Maka tidak jarang kita melihat banyak dari content creator yang membuat kartunya atas permintaan para audiensnya atau yang sedang trending.

2. Optimalisasi SEO

Selain dituntut untuk membuat konten yang berkualitas content creator juga harus bisa memahami konsep dari SEO. Karena SEO ini adalah upaya untuk mengoptimasikan konten yang dibuat agar konten yang dibuat oleh content creator bisa dicari dalam mesin pencari. Juga, SEO membantu para content creator ini untuk memaksimalkan konten yang dibuat sehingga jam tayangnya bisa maksimal.

3. Copywriting dan Content Writing

Dalam membuat satu konten tentu harus terdapat naskah atau skripnya atau bahkan caption, sehingga para content creator ini juga harus bisa melakukan copywriting dan content writing. Hal tersebut dilakukan untuk menjadi pelengkap konten yang mereka buat.

4. Fotografi dan Videografi

Dua skill tersebut sedikit banyaknya menjadi urgensi saat ingin menjadi content creator, karena kebanyakan hasil produk dari seorang content creator adalah foto, video atau tulisan, namun banyak yang kita tahu bahwa content creator (khususnya di Indonesia) lebih banyak menghasilkan konten berupa video. Sehingga skill dalam memegang kamera merupakan hal urgensi seorang content creator.

5. Editing

Ketika sudah memiliki tim, content creator tidak perlu memikirkan bagaimana hasil dari video atau konten tersebut. Tetapi, kalau bekerja sendiri maka content creator dituntut untuk bisa menyunting apa yang telah dibuatnya.entu akhirnya ini menjadi skill penting yang harus dimiliki oleh content creator.

Itulah penjelasan mengenai apa itu content creator dan apa saja skill yang harus dimiliki. Content Creator bisa dibilang sebagai profesi independen dimana cinten creator tersebut bisa melakukan pekerjaannya sendiri tanpa masuk ke dalam sebuah organisasi (kantor/agensi). namun memang kebanyakan para content creator yang sudah on the top memilih atau direkrut oleh sebuah agensi 

Referensi:

Lianovanda, Devi. 2022. Apa itu Content Creator? Ini Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan. (Daring) melalui tautan https://blog.skillacademy.com/apa-itu-content-creator


Latest Articles