Page Nav

HIDE

Ads Place

Joki Tugas Kuliah di Kampus

Siapa yang pernah pakai jasa joki tugas saat kuliah? Keliatannya agak tidak mungkin bila semua mahasiswa itu suci karena tidak pernah pakai ...


Siapa yang pernah pakai jasa joki tugas saat kuliah? Keliatannya agak tidak mungkin bila semua mahasiswa itu suci karena tidak pernah pakai jasa joki tugas di kampus. Akhir-akhir ini pemberitaan tentang joki tugas juga ramai di perbincangkan setelah muncul bahwa ada mahasiswa di salah satu universitas di Indonesia memakai jasa joki dalam penugasannya walaupun sudah menggunakan joki tugas yang dibuat pun tidak sempurna 100% karena masih terdeteksi oleh plagiarisme dan sumber yang tidak jelas.

Kegiatan marketing dari jasa joki tugas ini juga tidak main-main banyak dari mereka para joki tugas yang secara terang-terangan mempromosikan jasanya di sosial media harga yang ditawarkan pun bervariatif dari puluhan ribu sampai jutaan. Jasa joki pun bermacam-macam ada yang hasilnya memuaskan ada juga yang tidak.

Kenapa Pakai Jasa Joki?

Beberapa dari customer joki tugas ini biasanya adalah mereka yang tidak sempat mengerjakan tugas, tidak mengerti tugas, atau malas untuk mengerjakan tugas. Selain ketiga alasan tersebut biasanya mahasiswa yang memakai joki tugas itu karena mereka ingin tugasnya cepat selesai, dengan bertumpuk-tumpuknya tugas dari dosen-dosen yang berbeda membuat mahasiswa menjadi bingung bagaimana cara menyelesaikannya maka jadilah jawabannya.

Apakah ini perbuatan yang salah?

Akhirnya banyak yang memperdebatkan apakah jasa joki tugas kuliah ini baik atau buruk, pertanyaan yang sulit untuk dijawab rasanya. Karena berbagai alasan situasi dan kondisi juga terkadang memaksakan mahasiswa untuk menggunakan jasa joki dalam rangka menyelesaikan tugas-tugasnya.

Memang dirasa tidak etis sepertinya menggunakan jasa joki karena hal tersebut merupakan hal yang kurang baik atau bisa dibilang curang. Berbagai alasan pun muncul mengapa seharusnya mahasiswa tidak menggunakan jasa joki.

Pertama, jika menggunakan jasa joki maka itu sama saja merusak reputasi diri sendiri karena jatuhnya bukan mahasiswanya yang pintar tapi malah tukang jokinya yang pintar. Kedua, hal tersebut bisa menjadi ilegal karena tugas atau karya tersebut bukanlah milik sendiri tetapi jatuhnya karya itu milik tukang joki. Terakhir, takutnya akan menjadi kebiasaan jika terus-menerus menggunakan jasa joki dalam menyelesaikan tugas kuliah, sudah dipastikan bahwa diri kamu nanti tidak akan berkembang sepenuhnya selama masa perkuliahan.

Seharusnya Kuliah Itu..

Rektor UPN Veteran Jakarta (UPNVJ), Dr. Anter Venus melihat fenomena joki tugas kuliah ini sebagai hal yang sangat membahayakan. Menurutnya, esensi dari sebuah kampus sebagai lembaga pendidikan adalah membangun generasi yang kompeten, berkarakter baik, dan berpikiran maju serta terbuka. (Dikutip dari kumparan.com)

Jika terus-menerus menggunakan jasa joki tugas ini lalu hal ini akan menyebar seperti virus yang merugikan mahasiswa. Tentu saat memakai jasa joki tugas tidak akan ada proses pembelajaran di dalam menggunakan jasa joki tugas dinilai dapat merusak nilai-nilai budaya akademik dan nilai etis yang selama ini sudah ditegakkan. Masih sulit rasanya untuk menjawab apakah salah menggunakan jasa joki tugas sebagai mahasiswa, namun beda lagi jawabannya bila yang ditanya bukan mahasiswa.



Latest Articles