Page Nav

HIDE

Ads Place

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Ingin Jadi Copywriter

Sumber gambar: pexels.com Pernah dengar, “Yamaha Selalu di Depan” atau tahu taglinenya produk Apple yang “Think Different”? Ternyata itu sem...

Sumber gambar: pexels.com

Pernah dengar, “Yamaha Selalu di Depan” atau tahu taglinenya produk Apple yang “Think Different”? Ternyata itu semua dibuat oleh seorang copywriter loh. Copywriter itu mempunyai pekerjaan yang dinamakan copywriting, copywriting adalah pekerjaan menulis teks iklan atau materi publisitas. Peran dari seorang copywriter adalah mempromosikan sebuah produk atau jasa. Mereka juga turut bertanggung jawab akan citra perusahaan. 

Copywriter dibutuhkan oleh banyak perusahaan, tidak hanya perusahaan kreatif saja, copywriter nyatanya dibutuhkan untuk menaikkan sebuah brand. Makanya tidak jarang kita dengar atau tahu mengenai banyak slogan atau tagline dari sebuah produk yang bahkan sebelumnya kita tidak tahu.

Lalu apa saja yang sebenarnya dari tuga copywriter selain menulis teks promosi, berikut adalah tugas dari copywriter yang dikutip dari.

  1. Brainstorming dan membuat konsep periklanan serta membuat campaign pemasaran untuk produk atau layanan yang ditawarkan. Copywriter biasanya bekerja sama dengan tim kreatif atau desainer grafis.

  2. Menulis teks dalam beberapa format untuk media yang berbeda.

  3. Melakukan riset tentang produk, layanan, konsumen, tren pencarian situs web, pesaing, dan industri.

  4. Presentasi konsep periklanan kepada klien dan pengambil keputusan. Mengembangkan serta menulis teks yang sesuai dengan merek atau perusahaan.

  5. Menganalisis hasil campaign sebagai bahan evaluasi dan memandu strategi copywriting selanjutnya.

  6. Editing dan proofreading sampai draft benar dan sesuai dengan brand dan identitas produk.

Konten yang dihasilkan oleh copywriter adalah untuk mengajak para customer atau calon customer untuk membeli produk yang ditawarkan. Maka dari itu, tulisan yang dibuat oleh copywriter cenderung lebih persuasif dan mendorong para pembaca atau penontonnya untuk memebeli produk yang ditawarkan.

Untuk hal-hal yang disebutkan diatas tentu seorang copywriter harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidangnya, kemampuan menulis dan kreatif merupakan kunci utama dari seorang copywriter. Masa depan dari copywriter juga dipandang akan terang, karena gaji yang bisa diberikan untuk copywriter harganya tidak main-main, apalagi kalau campaign yang dibuat oleh copywriter tersebut sukses besar dan dapat meningkatkan pembelian sebuah produk. Apakah kamu punya rencana untuk menjadi copywriter?

Referensi: https://blog.skillacademy.com/copywriter-adalah

Latest Articles