Page Nav

HIDE

Ads Place

Fakta Kampus Harvard, Kampus Legend di Amerika Serikat

Sumber gambar: https://www.harvard.edu/about/ Punya cita cita untuk kuliah di luar negeri? Sepertinya menjadi impian banyak mahasiswa, apala...

Sumber gambar: https://www.harvard.edu/about/

Punya cita cita untuk kuliah di luar negeri? Sepertinya menjadi impian banyak mahasiswa, apalagi kuliah di Amerika Serikat. Negeri Paman Sam ini juga sepertinya menjadi incaran banyak mahasiswa global, dengan standar dan kualitas pendidikan yang tinggi dan juga terdapat beberapa universitas terbaik dunia membuat Amerika Serikat kiranya menjadi negara yang sempurna untuk menuntut ilmu perguruan tinggi.

Harvard University, salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat yang banyak menjadi universitas incaran mahasiswa global, menjadi salah satu Universitas terbaik di Amerika Serikat dan tertua, ternyata universitas ini juga menyimpan fakta-fakta menarik, apa saja itu? Berikut faktanya

1. Nama Harvard University

Di tahun 1780 Harvard merubah namanya, dengan penambahan kata university di dalamnya. Karena sebelumnya Harvard hanya diikuti dengan kata college saja. Ada yang unik juga, bahwa penamaan Harvard itu digunakan karena pihak kampus ingin menghormati penyumbang terbesar universitas tersebut yaitu John Harvard, yang merupakan alumni Universitas Cambridge, Inggris.

2. Mitos yang ada di Harvard

Selain bangaunan gedunya yang tua, kampus ini juga dikenal dengan banyak legendanya. Yang paling terkenal adalah bahwa terdapat sebuah gerbang yang hanya boleh dilewati dua kali saja oleh mahasiswanya yaitu sejak masuk universita dan lulus dari kampus tersebut. Kalau lebih melewatinya sebanyak dua kali maka konon mahasiswa tersebut akan drop out. Ada yang percaya gak?

3. Perpustakaan Harvard 

Perpustakaan yang ada di kampus ini dikenal luas, bahkan terdapat basement didalamnya. Dengan memiliki 9 lantai, koleksi buku dari perpustakaan ini dikisar mencapai 25 juta judul, buku digital sebanyak 18 juta judul, dan koleksi foto mencapai 8 juta buah. Gila banget ya?
4. Harvard juga mengelola 12 Sekolah dan 3 Lembaga
Universitas Harvard memiliki 12 sekolah, dan 3 lembaga pendidikan yang memberikan gelar mulai dari gelar sarjana, pascasarjana dan profesional. Harvard memiliki beberapa sekolah fakultas, diantaranya: Harvard Business School (HBS), Faculty of Arts & Sciences, Continuing Education, Harvard School of Dental Medicine, Harvard University Graduate School of Design, Harvard Divinity School, Harvard John A Paulson School of Engineering & Applied Science, Harvard Kennedy School of Government, Harvard Law School, Harvard Medical School, Harvard TH Chan School of Public Health, dan Radcliffe Institute for Advanced Study.
5. Banyak alumni terkenal
Perlu diketahui juga, bahwa Harvard berhasil melahirkan talenta-talenta hebat dari beberapa dekade ke belakang. Bayangkan 8 dari presiden Amerika Serikat adalah lulusan Harvard, beberapanya juga meraih Nobel, Fields Medal, Turing Award, Pulitzer Prize, 48 menerimah hadiah Pulitzer, 108 menerima medali Olimpiade, dan masih banyak lagi.

Berikut tadi adalah fakta-fakta yang ada di kampus Harvard, dengan terkenalnya universitas ini maka seleksi untuk masuk juga akan sulit. Persaingan dan penyaringan yang ketat membuat kamu harus ekstra belajar untuk masuk di Universitas Harvard ini. Semangat, semoga kamu bisa masuk ke universitas impian.
Referensi: https://blog.schoters.com/kuliah-di-harvard-university
http://www.terasacademy.com/2020/09/universitas-harvard-7-fakta-unik-salah.html?m=1

Latest Articles