Page Nav

HIDE

Ads Place

Bagus Mana, Kampus Swasta atau Kampus Negeri?

Dalam memilih perguruan tinggi, sering calon mahasiswa baru bingung harus memilih PTN atau PTS. Banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus ...


Dalam memilih perguruan tinggi, sering calon mahasiswa baru bingung harus memilih PTN atau PTS. Banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus mereka pikirkan, mulai dari segi biaya, akreditasi, program studi, dan masih banyak lagi. 

Pilihan antara negeri atau swasta juga menjadi pertimbangan yang lebih sulit lagi, banyak dari camaba yang mencoba peruntungan untuk tes masuk perguruan tinggi negeri namun gagal, banyak juga yang bingung masuk ke perguruan tinggi swasta karena bayarannya yang mahal. Namun apakah perbedaan dari kedua perguruan tinggi tersebut? Berikut penjelasannya. 

Pengelolaan

Sederhananya kampus negeri dikelola oleh pemerintahan atau negara, sedangkan kampus swasta yang mengelola adalah individu, organisasi, atau yayasan. Maka, sering dilihat pula bahwa beberapa kampus negeri menggunakan embel "Negeri" di penamaan kampusnya. 

Biaya Kuliah 

Memang untuk pembiayaan uang kuliah, universitas negeri memiliki tarif yang lebih murah ketimbang biaya kuliah di swasta. Dikarenakan, pada universitas negeri terdapat banyak program beasiswa untuk membantu mahasiswanya selama masa studi. Sedangkan di kampus swasta biaya kuliahnya terbilang mahal karena ada beberapa biaya yang harus ditanggung mahasiswa itu sendiri, beda dengan kampus negeri yang sudah didukung oleh negara. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa di kampus swasta juga banyak program beasiswanya.

Fasilitas Kampus

Tidak banyak yang berbeda fasilitas yang ada di kampus negeri maupun swasta. Namun, memang kebanyakan kampus negeri memiliki luas gedung, fasilitas gedung yang lebih memadai, karena tak luput adanya dukungan pemerintah dalam membangun fasilitas-fasilitas tersebut. Sedangkan untuk kampus swasta, kebanyakan gedung kampusnya masih terbilang baru sehingga perlu memakan waktu untuk memperluas dan memperbanyak fasilitas kampus. 

Kurikulum Perkuliahan

Memang semua universitas harus memegang kurikulum yang sama dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), namun bedanya di kampus negeri standar materi kuliah yang diberikan dosen cukup tinggi, guna menaikkan predikat kampus, sehingga pihak kampus harus menyongkong mahasiswanya untuk giat belajar dan mendapatkan hasil yang maksimal. Sedangkan, di swasta tidak seperti itu, cenderung terlihat lebih mudah dan tidak seberat kampus negeri. 

Tes Masuk

Perbedaan inilah yang sangat signifikan antara PTN dan PTS. Pasalnya, jika ingin memasuki PTN para calon mahasiswa baru harus melakukan tes masuk PTN, yang dibedakan dengan 3 jenis tes yang bisa diikuti salah satu atau ketiganya yaitu: SNMPTN, SBMPTN, dan Tes Mandiri. Sedangkan jika masuk ke kampus swasta, tes masuknya tidak akan sesulit tes masuk PTN dan bisa jadi di kampus swasta bisa bebas tes masuk. 

Berikut tadi adalah beberapa perbedaan dari Kampus Swasta dan Negeri, jika akhirnya ditanya mana yang lebih baik? Keduanya sama-sama baik dan bagus, semua tergantung pada pilihan camaba itu sendiri. Satu yang menjadi poin penting dalam pemilihan kampus adalah akreditasi kampus tersebut raih. Akreditasi A menjadi pilihan yang baik untuk camaba, lebih baik lagi kampus yang sudah meraih akreditasi unggul.

Referensi:
https://www.brainacademy.id/blog/perbedaan-ptn-vs-pts
https://www.universitas123.com/news/perbedaan-universitas-swasta-dan-negeri-yang-harus-kamu-tahu
https://www.umn.ac.id/masing-bingung-ini-perbedaan-kampus-negeri-dan-swasta/

Latest Articles