Page Nav

HIDE

Ads Place

Gorbachev, pemimpin terakhir Uni Soviet, meninggal pada usia 91 tahun

Gorbachev, pemimpin terakhir Uni Soviet, meninggal pada usia 91 tahun Tribune.id- Mikhail Gorbachev meninggal pada hari Selasa pada usia 9...

Gorbachev, pemimpin terakhir Uni Soviet, meninggal pada usia 91 tahun


Tribune.id- Mikhail Gorbachev meninggal pada hari Selasa pada usia 91 tahun. Dia ialah yang mengakhiri Perang Dingin tanpa pertumpahan darah, tetapi dia tidak dapat menghentikan Uni Soviet dari kehancuran.


Gorbachev adalah presiden terakhir Uni Soviet. Dia membuat kesepakatan dengan AS untuk mengurangi senjata dan membentuk kemitraan dengan negara-negara Barat lainnya untuk menyingkirkan Tirai Besi, yang telah membagi Eropa sejak Perang Dunia II, dan menyatukan kembali Jerman.



Namun reformasi internalnya membuat Uni Soviet semakin lemah hingga hancur berantakan. Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa ini adalah "bencana geopolitik terbesar" abad ke-20.



Rumah Sakit Klinik Pusat Rusia mengatakan, "Mikhail Gorbachev meninggal malam ini setelah penyakit yang serius dan berlangsung lama.", dikutip dari reuters pada Rabu (31/08/2022).



Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada Interfax bahwa Putin mengirimkan "belasungkawa terdalam" kepada keluarga. "Besok, dia akan mengirim telegram ke keluarga dan teman-temannya untuk memberi tahu mereka betapa menyesalnya dia," katanya.



Para pemimpin dunia dengan cepat menghormatinya. Ursula von der Leyen, yang bertanggung jawab atas Komisi Eropa, mengatakan bahwa Gorbachev, yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1990, telah memungkinkan Eropa untuk bebas.



Joe Biden, wakil presiden Amerika Serikat, mengatakan bahwa dia percaya pada "glasnost dan perestroika," yang berarti "keterbukaan dan restrukturisasi," bukan hanya sebagai kata-kata, tetapi sebagai jalan ke depan bagi rakyat Uni Soviet setelah itu. bertahun-tahun isolasi dan kekurangan.



Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris, mengatakan bahwa "komitmen tak kenal lelah Gorbachev untuk membuka masyarakat Soviet tetap menjadi contoh bagi kita semua." Dia mengatakan ini karena Putin menginvasi Ukraina.



KEMITRAAN BARAT



Setelah bertahun-tahun ketegangan dan pertempuran selama Perang Dingin, Gorbachev membawa Uni Soviet lebih dekat ke Barat daripada kapan pun sejak Perang Dunia II.



"Dia memberikan kebebasan kepada ratusan juta orang di Rusia dan negara-negara di sekitarnya, serta setengah dari Eropa," kata Grigory Yavlinsky, yang pernah menjadi pemimpin oposisi liberal di Rusia. "Beberapa pemimpin dalam sejarah memiliki pengaruh yang begitu kuat pada waktu mereka."



Tetapi pada akhir hidupnya, warisan Gorbachev hancur ketika invasi ke Ukraina menyebabkan sanksi Barat terhadap Moskow dan politisi di Rusia dan Barat mulai berbicara tentang Perang Dingin baru.



Andrei Kolesnikov, seorang rekan senior di Carnegie Endowment for International Peace, mengatakan bahwa Gorbachev meninggal secara simbolis ketika pekerjaan hidupnya, kebebasan, secara efektif dihancurkan oleh Putin.



Dia akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow di sebelah istrinya Raisa, yang meninggal pada 1999, kata Tass, mengutip yayasan yang didirikan mantan pemimpin Soviet itu setelah dia meninggalkan kantor.



“Kita semua sendirian sekarang. Tapi tidak semua orang tahu itu,” Alexei Venediktov, yang bertanggung jawab atas stasiun radio liberal yang ditutup karena cara meliput perang di Ukraina, mengatakan ini.



Ketika protes pro-demokrasi mengguncang negara-negara komunis Eropa Timur di blok Soviet pada tahun 1989, Gorbachev tidak menggunakan kekerasan. Ini berbeda dengan pemimpin Kremlin sebelumnya, yang telah mengirim tank untuk menumpas pemberontakan di Hungaria pada tahun 1956 dan Cekoslowakia pada tahun 1968.



Namun protes tersebut membuat 15 republik Uni Soviet menginginkan lebih banyak kebebasan, dan selama dua tahun berikutnya, Uni Soviet runtuh dengan cara yang sangat kacau.



Gorbachev, yang sempat disingkirkan dari kekuasaan oleh partai garis keras dalam kudeta pada Agustus 1991, sia-sia mencoba menghentikan keruntuhan.



PERUBAHAN ITU TIDAK MUDAH



"Era Gorbachev adalah era perestroika, era harapan, dan era masuknya kita ke dunia bebas rudal," kata Vladimir Shevchenko, yang menjalankan kantor protokol Gorbachev ketika dia masih menjadi pemimpin Soviet. "Tapi ada satu kesalahan: kami tidak mengenal negara kami dengan baik."



Dia dikutip oleh kantor berita RIA mengatakan, "Persatuan kami bubar, dan itu adalah tragedi kami dan juga tragedinya."



Pada tahun 1985, ketika dia baru berusia 54 tahun, dia menjadi sekretaris jenderal Partai Komunis Soviet. Dia ingin membawa kehidupan baru ke dalam sistem dengan memberikan kebebasan politik dan ekonomi yang terbatas kepada orang-orang, tetapi reformasinya tidak terkendali.



"Dia adalah orang baik yang melakukan apa yang benar. Saya pikir itu adalah tragedi bahwa dia terlalu baik untuk negara yang dipimpinnya" William Taubman, yang menulis biografi Gorbachev dan merupakan profesor emeritus di Amherst College di Massachusetts, mengatakan ini.



Kebijakan "glasnost" Gorbachev memungkinkan orang untuk mengkritik partai dan pemerintah dengan cara yang tidak pernah mungkin dilakukan sebelumnya. Namun, itu juga memberi keberanian bagi kaum nasionalis untuk mendorong kemerdekaan di Latvia, Lituania, Estonia, dan tempat-tempat lain.



Banyak orang Rusia tidak pernah bisa mengatasi kekacauan yang disebabkan oleh reformasi Gorbachev. Mereka berpikir bahwa penurunan standar hidup mereka adalah harga yang terlalu tinggi untuk dibayar bagi demokrasi.





( Gambar: Reuters )





Tags: mikhail gorbachev masih hidup, 4 kebijakan mikhail gorbachev, mikhail gorbachev 2022

Latest Articles